Setelah Presiden Joko Widodo meresmikan Hari Santri Nasional di Mesjid Istiqlal Jakarta, dimana penetapan tersebut merupakan bentuk penghargaan pemerintah terhadap peran para santri dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Kami, segenap Pengurus SD Islam Al Bayan Wiradesa mengucapkan 'Selamat Hari Santri Nasional' kepada santri-santri di seluruh Nusantara.

22 Oktober 1945 merupakan Resolusi Jihad yang memantik terjadinya peristiwa heroik 10 November 1945 di Surabaya. Resolusi Jihad adalah seruan ulama santri, yang mewajibkan setiap muslim Indonesia untuk membela tanah air dan mempertahankan NKRI di kala itu.

Para ulama mengajarkan kita tentang 'hubbul wathon minal iman' yang artinya cinta tanah air adalah sebagian dari iman. Karena itu bagi para santri membela tanah air adalah merupakan bagian dari kewajiban jihad para santri di dalam negara Republik Indonesia.

Di era sekarang ini, mari para santri kita kembangkan dan besarkan cinta tanah air kita dengan menjadi manusia generasi muslim berakhlaqul karimah yang beriman, bertaqwa, berilmu, dan memiliki skill yang memadai yang berwawasan global dengan belajar tekun secara sungguh-sungguh, demi kemajuan bangsa kita tercinta Indonesia.